Analisis Management Strategi Pada PT. Indomarco Prismatama (Indomaret)
ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA
PT INDOMARCO PRISMATAMA (INDOMARET)
Oleh:
Novita Sekar Rinidewi
1712070143
INSTITUT KEUANGAN PERBANKAN DAN INFORMATIKA ASIA
(ASIAN BANKING FINANCE AND INFORMATICS INSTITUTE)
P E R B A N A S
JAKARTA
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
2019
UAS MANAJEMEN STRATEGI
Indomaret pertama kali didirikan pada tahun 1988 oleh PT Indomarco Prismatama.
PT Indomarco Prismatama merupakan bagian dari Indomarco Group yang dapat
dikatakan sebagai pemain besar di industri retail. Pada mulanya Indomaret
membentuk konsep penyelenggaraan gerai yang berlokasi di dekat hunian konsumen,
menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan sehari-hari, melayani
masyarakat umum yang bersifat majemuk. Analisis dan
pemilihan strategi sebagian besar melibatkan pengambilan keputusan subjektif
berdasarkan informasi objektif. Dengan
menggunakan The Strategy Formulation Analytical Framework.
SPACE Matrix
SPACE Matrix dari
Indomaret adalah sebagai berikut
BCG (Boston
Consulting Group) Matrix
Jenis Produk Indomaret:
- Food
Product
5. Toiletries
Product
- Fresh Product 6. Medicine Product
- General
Merchandise 7. Baby Equipment
- Kosmetik
IE Matrix
IE Matrix merupakan salah satu
instrumen manajemen strategis untuk menganalisa kondisi perusahaan dan langkah
strategis apa yang harus diambil. IE Matrix didasari pada dua dimensi
kunci yaitu
1)
total rata-rata tertimbang Internal Factor Evaluation (IFE) pada sumbu x, dan
2)
total rata-rata tertimbang Eksternal Factor Evaluation (EFE) pada sumbu y.
Nilai Internal Factors Evaluation
Indomaret seperti pada IFE matriks pada bagian sebelumnya adalah 2,86 sedangkan
nilai Eksternal Factors Evaluation memiliki skor 2,84, maka Matriks IE
Indomaret akan terlihat sebagai berikut
Dalam Matriks Internal-Eksternal Indomaret diposisikan di sel V. Ini berarti Indomaret digambarkan sebagai menjaga dan mempertahankan (hold and maintain). Penetrasi pasar dan pengembangan produk bisa menjadi strategi yang paling tepat bagi perusahaan ini.
Grand Strategy Matrix
Grand strategy
Matrix digunakan untuk mengetahui strategis bisnis yang tepat bagi perusahaan.
IFE dan EFE Matrix merupakan dasar untuk mengetahui strategi bisnis dengan
menggunakan metode ini yaitu sebagai berikut:
Pada gambar matrix grand strategy
diatas terlihat bahwa PT Indomarco Prismatama berada pada posisi kuadran I
Hal ini dapat diartikan bahwa perusahaan mampu mengambil keuntungan
dari peluang-peluang eksternal
yang ada. Sehingga perusahaan akan dapat bersaing menggunakan strategi-strategi
bisnis secara agresif kedepannya. Adapun berbagai macam bentuk–bentukstrategi
yang dapat digunakan pada kuadran I ialah sebagai berikut:
-
Penetrasi
pasar
- Integrasi ke depan
-
Diversifikasi konsentrik
- Integrasi ke belakang
-
Pengembangan produk
-
Integrasi
horizontal
-
Pengembangan pasar
Tahap Keputusan
Analisis dan intuisi
menjadi landasan bagi pengambilan keputusan perumusan strategi. QSPM merupakan
langkah terakhir dalam kerangka analitis perumusan strategi. Teknis ini secara
objektif menunjukkan strategi mana yang terbaik. QSPM menggunakan analisis
input dari tahap 1 dan hasil pencocokan dari analisis tahap 2 untuk secara
objektif menentukan strategi mana yang hendak dijalankan di antara
strategi-strategi alternatif. Hasil dari perbandingan menggunakan teknik
QSPM adalah sebagai berikut:
Keunggulan yang dimiliki
Indomaret. Beberapa strategi pemasaran yang diterapkan Indomaret dalam
jangka pendek anatara lain :
“Harga Heboh” yaitu promosi
mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk produk-produk kebutuhan
sehari-hari
“Super Hemat” yaitu leaflet edisi 2
minggu yang mempromosikan produk-produk dengan harga hemat sebagai panduan
untuk konsumen belanja hemat
“Promosi bulan ini” yaitu promosi
bulanan atas produk tertentu dalam bentuk pemberian hadiah langsung atau
potongan harga
Ancaman produk pengganti baru bagi
Indomaret adalah seperti peritel tradisional, supermarket dan hypermarket yang
menyedikan produk lebih lengkap dan relative harga lebih rendah. Seperti
penyediaan kebutuhan sehari-hari yang tidak hanya barang sembako namun juga
menyediakan sayur-sayuran, ikan segar dan bumbu dapur lainnya yang menjadi
kebutuhan sehari-hari.
Struktur Organisasi
Struktur Organisasi Toko
Indomaret
Peta Strategi
Berdasarkan strategi fungsional tersebut diterjemahkan kedalam 4 (
empat ) perspektif Balanced Scorecard,yaitu:
1.
Perspektif Keuangan
Yang termasuk didalamnya yaitu strategi fungsional di Bidang Keuangan.
2.
Perspektif Pelanggan
Yang termasuk didalamnya yaitu strategi fungsional di Bidang Pemasaran.
3.
Perspektif Proses
Bisnis Internal Yang termasuk didalamnya yaitu strategi fungsional di Bidang
Operasional dan Penelitian & Pengembangan.
4.
Perspektif
Pembelajaran dan Pertumbuhan Yang termasuk didalamnya yaitu strategi
fungsional
diBidang Penelitian & Pengembangan dan SDM & Organisasi. Setelah
dilakukan pengelompokkan masing-masing strategi fungsional ke dalam tiap
perspektif dalam Balanced Scorecard kemudian dipetakan
menjadi suatu peta strategi (strategy map)
yang terstruktur dan saling terkait.
IMPLEMENTASI STRATEGI
Implementasi Strategi adalah jumlah keseluruhan aktivitas dan
pilihan yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan perencanaan strategis.
Implementasi strategis merupakan proses dimana beberapa strategi dan kebijakan
diubah menjadi tindakan melalui pengembangan program, anggaran dan prosedur.
Walaupun implementasi biasanya baru dipertimbangkan setelah strategi dirumuskan,
akan tetapi implementasi merupakan kunci suksesnya dari manajemen strategic.
Perumusan strategi dan implementasi strategi harus dilihat seperti dua sisi
mata uang
Berbagai kemungkinan formulasi & implementasi Strategi :
Berbagai kemungkinan formulasi & implementasi Strategi :
-
Success :
· Hasil yg paling diinginkan
oleh perusahaan
· Terjadi pada saat
perusahaan mampu melakukan formulasi strategi & sekaligus
mampu mengimplementasikan secara baik juga.
-
Roulette :
· Situasi dimana
strategi yg diformulasikan sesungguhnya kurang baik, akan
tetapi hasil yg didapat tidaklah terlalu mengecewakan karena perushaan
mampu mengimplementasikan strateginya dengan baik.
-
Trouble :
· Situasi dimana
strategi perush sebenarnya diformulasikan dengan baik namun strategi
tersebut kacau & tdk optimal karena manajemen perush tidak mengimplementasikannya
dengan baik.
-
Failure :
· Merupakan hasil yg
paling buruk & paling tidak diinginkan oleh manajemen perushaan.
Proses Implementasi Strategi:
1. Menganalisis Perubahan
- Tahap pertama dalam
proses implementasi strategi.
- Tujuannya untuk memberikan
gagasan yg jelas & terperinci mengenai seberapa banyak perusahaan hrs berubah agar
berhasil dlm mengimplementasikan strateginya.
-
Terbagi dalam beberapa
pola, yaitu
a. Tidak adanya perubahan yg signifikan (continuation) Terjadi
karena adanya pengulangan strategi yg sama dengan strategi yang digunakan dalam
periode sebelumnya
b. Perubahan rutin (routine change) Merupakan perubahan yg
digunakan oleh perusahaan untuk lebih memikat pelanggan
c. Perubahan terbatas (limited change) Disebabkan karena
adanya penawaran produk baru kepada pelanggan baru dalam golongan produk
umum yang sama.
d. Perubahan radikal (radical change) Reorganisasi besar -
besaran dalam perusahaan. Biasanya dilakukan pada saat terjadi merger &
akuisisi, tetapi masih dlm industri yg sama.
e. Organizational redirection Melibatkan merger & akuisis
perush yg berasal dari industri yg sama sekali berbeda. Jenis ini
merupakan perubahan yg kompleks. Melibatkan perubahan misi perusahaan.
2. Analisis Struktur Organisasi
Alasan utama mengapa perubahan
dlm strategi memerlukan bahkan mengharuskan perubahan dalam struktur
organisasi, yaitu:
a. Struktur biasanya menjelaskan tentang bagaimana kebijakan
akan disusun.
b. Struktur biasanya menjelaskan tentang bagimana sumber daya
akan dialokasikan.
Ada 5 jenis
struktur organisasi yg biasa digunakan, yaitu:
a. Struktur organisasi sederhana
b. Struktur organisasi fungsional
c. Struktur organisasi divisional
d. Struktur organisasi SBU (Strategic Business Unit Structure)
e. Struktur organisasi Matriks
3. Analisis Budaya Organisasi
3. Analisis Budaya Organisasi
Budaya perusahaan mrpkan komponen yg
menyebabkan mengapa suatu strategi dapat
diimplementasikan pada suatu
perusahaan, sementara strategi tsb gagal untuk diimplementasikan pada perusahaan yang lain dgn kondisi yang relatif sama.
4. Analisis Gaya Kepemimpinan
a. Gaya kepemimpinan administrator
b. Gaya kepemimpinan analitis
c. Gaya kepemimpinan asertif
d. Gaya kepemimpinan entrepreneur
5. Implementasi & Evaluasi Strategi
Untuk melakukan tahap ini dengan baik & berhasil, manajemen perusahaan perlu mengetahui
4 jenis keahlian dasar, yaitu
a. Kemampuan Berinteraksi (Interacting skills) Kemampuan manajemen berinteraksi dan
berempati dgn berbagai perilaku & sikap orang lain untuk mencapai tujuan.
b. Kemampuan Mengalokasi (Allocating skills) Kemampuan manajemen
dalam menjadwalkan tugas – tugas, anggaran, waktu, serta sumberdaya2 lain secara efisien
c. Kemampuan Memonitor (Monitoring skills) Meliputi penggunaan informasi yg efisien
untuk memperbaiki atau menyelesaikan berbagai masalah yg timbul dalam proses
implementasi.
d. Kemampuan Mengorganisasikan (Organizing skills) Kemampuan untuk
menciptakan jaringan atau organisasi informal dlm rangka menyesuaikan diri dgn berbagai
masalah yang mungkin terjadi.
Untuk melakukan tahap ini dengan baik & berhasil, manajemen perusahaan perlu mengetahui
4 jenis keahlian dasar, yaitu
a. Kemampuan Berinteraksi (Interacting skills) Kemampuan manajemen berinteraksi dan
berempati dgn berbagai perilaku & sikap orang lain untuk mencapai tujuan.
b. Kemampuan Mengalokasi (Allocating skills) Kemampuan manajemen
dalam menjadwalkan tugas – tugas, anggaran, waktu, serta sumberdaya2 lain secara efisien
c. Kemampuan Memonitor (Monitoring skills) Meliputi penggunaan informasi yg efisien
untuk memperbaiki atau menyelesaikan berbagai masalah yg timbul dalam proses
implementasi.
d. Kemampuan Mengorganisasikan (Organizing skills) Kemampuan untuk
menciptakan jaringan atau organisasi informal dlm rangka menyesuaikan diri dgn berbagai
masalah yang mungkin terjadi.
EVALUASI STRATEGI
Evaluasi strategi adalah tahap akhir dalam manajemen strategis. Para manajer sangat
perlu mengetahui kapan strategi tertentu tidak berfungsi dengan baik, evaluasi strategi berarti
usaha untuk memperoleh informasi ini. Semua strategi dapat dimodifikasi di masa depan
karena faktor-faktor eksteral dan internal selalu berubah. Tiga macam aktivitas
mendasar untuk mengevaluasi strategi adalah
1. Meninjau factor-faktor eksternal dan internal yang
menjadi dasar strategi yang sekarang,
2. Mengukur prestasi,
3. Mengambil tindakan korektif. Aktivitas perumusan startegi,
implementasi dan
evaluasi terjadi di tiga tingkat hirarki dalam organisasi yang besar, korporasi, divisi atau unit
bisnis strategis, dan fungsional.
evaluasi terjadi di tiga tingkat hirarki dalam organisasi yang besar, korporasi, divisi atau unit
bisnis strategis, dan fungsional.
Hakekat Evaluasi
Strategi
Proses
manajemen strategis menghasilkan keputusan yang dapat mempunyai konsekwensi
yang signifikan dan jangka panjang.
Keputusan strategis yang salah dapat menimbulkan
kerugian besar, yang akan sulit sekali untuk memperbaikinya.
Oleh karena itu banyak perencana strategi
sepakat bahwa mengevaluasi strategi sangat penting untuk kehidupan organisasi;
evaluasi yang tepat waktu dapat memperingatkan manajemen akan adanya masalah
atau potensi masalah sebelum menjadi kritis.
Evaluasi strategi bisa merupakan proses yang rumit dan sensitif.
Terlalu banyak kegiatan mengevaluasi strategi dapat menghabiskan biaya yang
sangat mahal dan bisa jadi kontra produktif. Evaluasi strategi penting untuk
memastikan tujuan-tujuan strategi yang dapat ditetapkan dapat tercapai.
1. Kegiatan Evaluasi strategi
2. Kreteria Evaluasi Strategi
3. Alasan perlunya Evaluasi Strategi
4. Proses Evaluasi Strategi
5. Mengkaji ulang Landasan strategi
6. Mengukur Kinerja Organiasi
nice, ini membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperkenalkan inovasi dalam bisnis, dan juga membangun sumber-sumber informasi strategis.
ReplyDeleteWah menarik sekali isi blog ini. Sangat membantu PT Indomaret untuk meningkatkan dan memberi inovasi dlm manajemen strategi perusahaan
ReplyDeletemenarik infonya, dengan adanya analisis strategi perusahaan dapat menentukan rencana seperti apa yang perlu diterapkan untuk menjadi unggul
ReplyDeleteTerimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat
ReplyDeleteanalisis yang anda buat sangat menarik sehingga tertarik untuk dibaca. Info analisisnya lengkap sekali. terima kasih
ReplyDeleteAnalisa yang sangat bermanfaat, aktivitas dari formulasi strategi dapat mempertinggi kemampuan dari perusahaan dalam menghadapi berbagai macam masalah yang sedang dihadapi.
ReplyDeleteanalisisnya sangat lengkap dan jelas, semoga bisa diterapkan oleh indomaret dalam penerapan strategi bersaingnya
ReplyDeleteAnalisis baik dari perencanaan, implementasi dan evaluasi. Saya kira baik untuk diterapkan di perusahaan yg bersangkutan
ReplyDeleteThanks sis infonya.. bisa buat bahan kuliah nih
ReplyDeleteAnalisis sudah lengkap dan pembahasannya sudah komprehensif, sehingga akan membantu Indomaret dalam mengevaluasi kinerjanya agar semakin lebih baik
ReplyDeleteAnalisis yang baik. Sangat bermanfaat bagi pembaca maupun perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Pertahankan!
ReplyDeleteanalisis yang diberikan sangat lengkap bisa menjadi bahan untuk perencanaan strategi perusahaan tersebut👍🏻
ReplyDelete░░░░░░░░░░░░▄▄
ReplyDelete░░░░░░░░░░░█░░█
░░░░░░░░░░░█░░█
░░░░░░░░░░█░░░█
░░░░░░░░░█░░░░█
███████▄▄█░░░░░██████▄
▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░ THANKS, ░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░For the Info░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░SISTAAA!░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█████░░░░░░░░░█
██████▀░░░░▀▀██████▀
Analisis yang dibuat menurut saya sudah lengkap dan berguna untuk meningkatkan performa dan bisnisnya di perusahaan tersebut!
Info analisis yg bernanfaat bgt buat pembaca atau pun untuk perusahaan yg bergerak dinidang yg sama 👍👍
ReplyDeletesangat menarik, bisa membantu indomaret lebih kedepan dalam persaingan disetingkat bisnisnya
ReplyDeleteInformasi yang sangat bermanfaat semoga dapat membantu perusahaan yang bersangkut dan menjadi bahan referensi perkuliahan
ReplyDeleteAnalisis yang baik sekali, sangat bermanfaat bagi pembaca, terima kasih
ReplyDeleteanalisisnya sangat bermanfaat terima kasih
ReplyDeleteWynnBET Casino Promo Code for $1,001 Casino Bonus
ReplyDeleteWynnBET Casino Bonus Code 구리 출장안마 – Use our 구미 출장샵 WynnBET Casino 제천 출장마사지 Promo Code for 경상남도 출장안마 $1,001 Casino 김천 출장샵 Bonus