Analisis Management Strategi Pada PT. Indomarco Prismatama (Indomaret)

ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA 
PT INDOMARCO PRISMATAMA (INDOMARET)


Oleh:

Novita Sekar Rinidewi
1712070143




INSTITUT KEUANGAN PERBANKAN DAN INFORMATIKA ASIA
(ASIAN BANKING FINANCE AND INFORMATICS INSTITUTE)
P E R B A N A S
JAKARTA
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
2019



UAS MANAJEMEN STRATEGI


Indomaret pertama kali didirikan pada tahun 1988 oleh PT Indomarco Prismatama. PT Indomarco Prismatama merupakan bagian dari Indomarco Group yang dapat dikatakan sebagai pemain besar di industri retail. Pada mulanya Indomaret membentuk konsep penyelenggaraan gerai yang berlokasi di dekat hunian konsumen, menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan sehari-hari, melayani masyarakat umum yang bersifat majemukAnalisis dan pemilihan strategi sebagian besar melibatkan pengambilan keputusan subjektif berdasarkan informasi objektif. Dengan menggunakan The Strategy Formulation Analytical Framework.
IFE Matrix

EFE MATRIX


CPM

SWOT Matrix

SPACE Matrix
SPACE Matrix dari Indomaret adalah sebagai berikut


Berdasarkan perhitungan SPACE Matrix, Indomaret berada di Kuadran I (4.33, 4.00), hal ini berarti Indomaret berada dalam posisi yang sangat bagus untuk memanfaatkan berbagai kekuatan internalnya untuk menarik keuntungan dari peluang- peluang eksternal, mengatasi kelemahan internal, dan menghindari beragam ancaman eksternal. Oleh karenanya, penetrasi pasar, pengembangan produk, integrasi ke belakang, integrasi ke depan, integrasi horizontal, diversifikasi, atau strategi kombinasi kesemuanya itu masuk akal untuk dipilih, bergantung pada situasi khusus yang dihadapi oleh Indomaret.






BCG (Boston Consulting Group) Matrix
Jenis Produk Indomaret:
  1.  Food Product                         5. Toiletries Product
  2.  Fresh Product                         6. Medicine Product
  3. General Merchandise              7. Baby Equipment
  4. Kosmetik


IE Matrix
IE Matrix merupakan salah satu instrumen manajemen strategis untuk menganalisa kondisi perusahaan dan langkah strategis apa yang harus diambil. IE Matrix didasari pada dua dimensi kunci yaitu
1) total rata-rata tertimbang Internal Factor Evaluation (IFE) pada sumbu x, dan
2) total rata-rata tertimbang Eksternal Factor Evaluation (EFE) pada sumbu y.
Nilai Internal Factors Evaluation Indomaret seperti pada IFE matriks pada bagian sebelumnya adalah 2,86 sedangkan nilai Eksternal Factors Evaluation memiliki skor 2,84, maka Matriks IE Indomaret akan terlihat sebagai berikut

Dalam Matriks Internal-Eksternal Indomaret diposisikan di sel V. Ini berarti Indomaret digambarkan sebagai menjaga dan mempertahankan (hold and maintain). Penetrasi pasar dan pengembangan produk bisa menjadi strategi yang paling tepat bagi perusahaan ini.

Grand Strategy Matrix
Grand strategy Matrix digunakan untuk mengetahui strategis bisnis yang tepat bagi perusahaan. IFE dan EFE Matrix merupakan dasar untuk mengetahui strategi bisnis dengan menggunakan metode ini yaitu sebagai berikut:
Pada gambar matrix grand strategy diatas terlihat bahwa PT Indomarco Prismatama berada pada posisi kuadran I Hal ini dapat diartikan bahwa perusahaan mampu mengambil keuntungan dari peluang-peluang eksternal yang ada. Sehingga perusahaan akan dapat bersaing menggunakan strategi-strategi bisnis secara agresif kedepannya. Adapun berbagai macam bentuk–bentukstrategi yang dapat digunakan pada kuadran I ialah sebagai berikut:
-          Penetrasi pasar                             -   Integrasi ke depan
-           Diversifikasi konsentrik              -    Integrasi ke belakang          
-          Pengembangan produk                -     Integrasi horizontal
-          Pengembangan pasar


Tahap Keputusan
Analisis dan intuisi menjadi landasan bagi pengambilan keputusan perumusan strategi. QSPM merupakan langkah terakhir dalam kerangka analitis perumusan strategi. Teknis ini secara objektif menunjukkan strategi mana yang terbaik. QSPM menggunakan analisis input dari tahap 1 dan hasil pencocokan dari analisis tahap 2 untuk secara objektif menentukan strategi mana yang hendak dijalankan di antara strategi-strategi alternatif. Hasil dari perbandingan menggunakan teknik QSPM adalah sebagai berikut:


Keunggulan yang dimiliki Indomaret. Beberapa strategi pemasaran yang diterapkan Indomaret dalam jangka pendek anatara lain :
“Harga Heboh” yaitu promosi mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk produk-produk kebutuhan sehari-hari
“Super Hemat” yaitu leaflet edisi 2 minggu yang mempromosikan produk-produk dengan harga hemat sebagai panduan untuk konsumen belanja hemat
“Promosi bulan ini” yaitu promosi bulanan atas produk tertentu dalam bentuk pemberian hadiah langsung atau potongan harga
Ancaman produk pengganti baru bagi Indomaret adalah seperti peritel tradisional, supermarket dan hypermarket yang menyedikan produk lebih lengkap dan relative harga lebih rendah. Seperti penyediaan kebutuhan sehari-hari yang tidak hanya barang sembako namun juga menyediakan sayur-sayuran, ikan segar dan bumbu dapur lainnya yang menjadi kebutuhan sehari-hari.


Struktur Organisasi



Struktur Organisasi Toko Indomaret



Peta Strategi
Berdasarkan strategi fungsional tersebut diterjemahkan kedalam 4 ( empat ) perspektif  Balanced Scorecard,yaitu:

1.      Perspektif Keuangan Yang termasuk didalamnya yaitu strategi fungsional di Bidang Keuangan.
2.      Perspektif Pelanggan Yang termasuk didalamnya yaitu strategi fungsional di Bidang Pemasaran.
3.      Perspektif Proses Bisnis Internal Yang termasuk didalamnya yaitu strategi fungsional di Bidang Operasional dan  Penelitian & Pengembangan.
4.      Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan Yang termasuk didalamnya yaitu strategi
     fungsional diBidang Penelitian & Pengembangan dan SDM & Organisasi. Setelah dilakukan pengelompokkan masing-masing strategi fungsional ke dalam tiap  perspektif dalam Balanced Scorecard   kemudian dipetakan menjadi suatu peta strategi (strategy map) yang  terstruktur dan saling terkait.


IMPLEMENTASI STRATEGI
Implementasi Strategi adalah jumlah keseluruhan aktivitas dan pilihan yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan perencanaan strategis. Implementasi strategis merupakan proses dimana beberapa strategi dan kebijakan diubah menjadi tindakan melalui pengembangan program, anggaran dan prosedur. Walaupun implementasi biasanya baru dipertimbangkan setelah strategi dirumuskan, akan tetapi implementasi merupakan kunci suksesnya dari manajemen strategic. Perumusan strategi dan implementasi strategi harus dilihat seperti dua sisi mata uang
Berbagai kemungkinan formulasi & implementasi Strategi :
-          Success : 
·      Hasil yg paling diinginkan oleh perusahaan
·    Terjadi pada saat perusahaan mampu melakukan formulasi strategi & sekaligus   mampu mengimplementasikan secara baik juga.
-          Roulette :
·   Situasi dimana strategi yg diformulasikan sesungguhnya kurang baik,  akan tetapi hasil yg didapat tidaklah terlalu mengecewakan karena perushaan mampu mengimplementasikan strateginya dengan baik.
-         Trouble :
·  Situasi dimana strategi perush sebenarnya diformulasikan dengan baik namun strategi tersebut kacau & tdk optimal karena manajemen perush tidak mengimplementasikannya dengan baik.
-          Failure :
· Merupakan hasil yg paling buruk & paling tidak diinginkan oleh manajemen perushaan.


Proses Implementasi Strategi:


1.   Menganalisis Perubahan
-        Tahap pertama dalam proses implementasi strategi.
-    Tujuannya untuk memberikan gagasan yg jelas & terperinci mengenai seberapa     banyak  perusahaan hrs berubah agar berhasil dlm mengimplementasikan strateginya.
-         Terbagi dalam beberapa pola, yaitu
a.      Tidak adanya perubahan yg signifikan (continuation) Terjadi karena adanya pengulangan strategi yg sama dengan strategi yang digunakan dalam periode sebelumnya
b.     Perubahan rutin (routine change) Merupakan perubahan yg digunakan oleh perusahaan untuk lebih memikat pelanggan
c.      Perubahan terbatas (limited change) Disebabkan karena adanya penawaran produk baru kepada pelanggan baru dalam golongan produk umum yang sama.
d.     Perubahan radikal (radical change) Reorganisasi besar - besaran dalam perusahaan. Biasanya dilakukan pada saat terjadi merger & akuisisi, tetapi masih dlm industri yg sama.
e.      Organizational redirection Melibatkan merger & akuisis perush yg berasal dari industri yg sama sekali berbeda. Jenis ini merupakan perubahan yg kompleks. Melibatkan perubahan misi perusahaan.

2.      Analisis Struktur Organisasi
     Alasan utama mengapa perubahan dlm strategi memerlukan bahkan mengharuskan perubahan dalam struktur organisasi, yaitu:
a.      Struktur biasanya menjelaskan tentang bagaimana kebijakan akan disusun.
b. Struktur biasanya menjelaskan tentang bagimana sumber daya akan dialokasikan.
            Ada 5 jenis struktur organisasi yg biasa digunakan, yaitu:
a.      Struktur organisasi sederhana
b.     Struktur organisasi fungsional
c.      Struktur organisasi divisional
d.     Struktur organisasi SBU (Strategic Business Unit Structure)
e.      Struktur organisasi Matriks
3. Analisis Budaya Organisasi
     Budaya perusahaan mrpkan komponen yg menyebabkan mengapa suatu strategi dapat
     diimplementasikan pada suatu perusahaan, sementara strategi tsb gagal untuk 
     diimplementasikan pada perusahaan yang lain dgn kondisi yang relatif sama.
4. Analisis Gaya Kepemimpinan
    a. Gaya kepemimpinan administrator
    b. Gaya kepemimpinan analitis 
    c. Gaya kepemimpinan asertif
    d. Gaya kepemimpinan entrepreneur
5. Implementasi & Evaluasi Strategi
 Untuk melakukan tahap ini dengan baik & berhasil, manajemen perusahaan perlu mengetahui
4 jenis keahlian dasar, yaitu
a. Kemampuan Berinteraksi (Interacting skills) Kemampuan manajemen berinteraksi dan
berempati dgn berbagai perilaku & sikap orang lain untuk mencapai tujuan. 
b. Kemampuan Mengalokasi (Allocating skills) Kemampuan manajemen
dalam menjadwalkan tugas – tugas, anggaran, waktu, serta sumberdaya2 lain secara efisien
c. Kemampuan Memonitor (Monitoring skills) Meliputi penggunaan informasi yg efisien
untuk memperbaiki atau menyelesaikan berbagai masalah yg timbul dalam proses
implementasi.
d. Kemampuan Mengorganisasikan (Organizing skills) Kemampuan untuk
menciptakan jaringan atau organisasi informal dlm rangka menyesuaikan diri dgn berbagai
masalah yang mungkin terjadi.



EVALUASI STRATEGI
        Evaluasi strategi adalah tahap akhir dalam manajemen strategis. Para manajer sangat
 perlu mengetahui kapan strategi tertentu tidak berfungsi dengan baik, evaluasi strategi berarti
 usaha  untuk memperoleh informasi ini. Semua strategi dapat dimodifikasi di masa depan
 karena faktor-faktor eksteral dan internal selalu berubah. Tiga macam aktivitas
mendasar untuk mengevaluasi strategi adalah
1.  Meninjau factor-faktor eksternal dan internal yang menjadi dasar strategi yang sekarang,
2.  Mengukur prestasi,
3. Mengambil tindakan korektif. Aktivitas perumusan startegi, implementasi dan
   evaluasi terjadi di tiga tingkat hirarki dalam organisasi yang besar, korporasi, divisi atau unit
   bisnis  strategis, dan fungsional.
  
            Hakekat Evaluasi Strategi
                Proses manajemen strategis menghasilkan keputusan yang dapat mempunyai konsekwensi yang signifikan dan jangka panjang.
   Keputusan strategis yang salah dapat menimbulkan kerugian besar, yang akan sulit sekali untuk memperbaikinya. 
      Oleh karena itu banyak perencana strategi sepakat bahwa mengevaluasi strategi sangat penting untuk kehidupan organisasi; evaluasi yang tepat waktu dapat memperingatkan manajemen akan adanya masalah atau potensi masalah sebelum menjadi kritis.
Evaluasi strategi bisa merupakan proses yang rumit dan sensitif. Terlalu banyak kegiatan mengevaluasi strategi dapat menghabiskan biaya yang sangat mahal dan bisa jadi kontra produktif. Evaluasi strategi penting untuk memastikan tujuan-tujuan strategi yang dapat ditetapkan dapat tercapai.
1.  Kegiatan Evaluasi strategi 
2. Kreteria Evaluasi Strategi
3. Alasan perlunya Evaluasi Strategi
4.  Proses Evaluasi Strategi
5. Mengkaji ulang Landasan strategi
6.  Mengukur Kinerja Organiasi


Comments

  1. nice, ini membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperkenalkan inovasi dalam bisnis, dan juga membangun sumber-sumber informasi strategis.

    ReplyDelete
  2. Wah menarik sekali isi blog ini. Sangat membantu PT Indomaret untuk meningkatkan dan memberi inovasi dlm manajemen strategi perusahaan

    ReplyDelete
  3. menarik infonya, dengan adanya analisis strategi perusahaan dapat menentukan rencana seperti apa yang perlu diterapkan untuk menjadi unggul

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. analisis yang anda buat sangat menarik sehingga tertarik untuk dibaca. Info analisisnya lengkap sekali. terima kasih

    ReplyDelete
  6. Analisa yang sangat bermanfaat, aktivitas dari formulasi strategi dapat mempertinggi kemampuan dari perusahaan dalam menghadapi berbagai macam masalah yang sedang dihadapi.

    ReplyDelete
  7. analisisnya sangat lengkap dan jelas, semoga bisa diterapkan oleh indomaret dalam penerapan strategi bersaingnya

    ReplyDelete
  8. Analisis baik dari perencanaan, implementasi dan evaluasi. Saya kira baik untuk diterapkan di perusahaan yg bersangkutan

    ReplyDelete
  9. Thanks sis infonya.. bisa buat bahan kuliah nih

    ReplyDelete
  10. Analisis sudah lengkap dan pembahasannya sudah komprehensif, sehingga akan membantu Indomaret dalam mengevaluasi kinerjanya agar semakin lebih baik

    ReplyDelete
  11. Analisis yang baik. Sangat bermanfaat bagi pembaca maupun perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Pertahankan!

    ReplyDelete
  12. analisis yang diberikan sangat lengkap bisa menjadi bahan untuk perencanaan strategi perusahaan tersebut👍🏻

    ReplyDelete
  13. ░░░░░░░░░░░░▄▄
    ░░░░░░░░░░░█░░█
    ░░░░░░░░░░░█░░█
    ░░░░░░░░░░█░░░█
    ░░░░░░░░░█░░░░█
    ███████▄▄█░░░░░██████▄
    ▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░░█
    ▓▓▓▓▓▓█░░░░ THANKS, ░░░░░█
    ▓▓▓▓▓▓█░░░░For the Info░░░░█
    ▓▓▓▓▓▓█░░░░SISTAAA!░░░░░█
    ▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█
    ▓▓▓▓▓▓█████░░░░░░░░░█
    ██████▀░░░░▀▀██████▀

    Analisis yang dibuat menurut saya sudah lengkap dan berguna untuk meningkatkan performa dan bisnisnya di perusahaan tersebut!

    ReplyDelete
  14. Info analisis yg bernanfaat bgt buat pembaca atau pun untuk perusahaan yg bergerak dinidang yg sama 👍👍

    ReplyDelete
  15. sangat menarik, bisa membantu indomaret lebih kedepan dalam persaingan disetingkat bisnisnya

    ReplyDelete
  16. Informasi yang sangat bermanfaat semoga dapat membantu perusahaan yang bersangkut dan menjadi bahan referensi perkuliahan

    ReplyDelete
  17. Analisis yang baik sekali, sangat bermanfaat bagi pembaca, terima kasih

    ReplyDelete
  18. analisisnya sangat bermanfaat terima kasih

    ReplyDelete
  19. WynnBET Casino Promo Code for $1,001 Casino Bonus
    WynnBET Casino Bonus Code 구리 출장안마 – Use our 구미 출장샵 WynnBET Casino 제천 출장마사지 Promo Code for 경상남도 출장안마 $1,001 Casino 김천 출장샵 Bonus

    ReplyDelete

Post a Comment